Passion

Tulisan ini aku dapat dari e-mail yang dikirim oleh Boss ku, beruntung aku punya Boss yang sangat baik, sangat care terhadap semua bawahannya, termasuk aku. Dikala aku mengalami demotivasi dalam pekerjaan, dengan senang hati dia memberikan pencerahan kepadaku tanpa berkesan menggurui dan tidak kelihatan bossy sama sekali. Semoga tulisan ini juga bermanfaat buat temen-temen yang saat ini merasa sedang dipersimpangan jalan alias bingung menentukan arah tujuan terutama dalam masalah pekerjaan, berikut ini isi artikelnya :

Mendapatkan pekerjaan yang sesuai passion kita pastinya akan memberi kita kemajuan dan kesuksesan, di samping juga rasa puas menjalani karir di bidang yang menggairahkan kita tersebut. Tapi bagaimana mengetahui passion kita ada dimana? Inilah tiga langkah sederhana:

1. Definisikan passion Anda
Tanyakan pertanyaan sederhana ini pada diri Anda sendiri: Apa yang ingin sekali Anda lakukan dalam hidup Anda jika uang bukan menjadi masalah? Apakah Anda akan menulis sepanjang waktu? Mencoba resep masakan? Membuka toko buku? Melakukan perjalanan keliling dunia? Menulis skenario film? Melukis? Membaca? Mendefinisikan passion Anda secara jelas membantu Anda menentukan karir apa yang akan Anda jalani.

2. Buat passion tersebut menjadi nyata
Jika Anda sudah mendefinisikan passion Anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan riset. Buatlah riset terhadap setiap pekerjaan yang berkaitan dengan passion yang telah Anda definisikan di atas. Karena uang sudah menjadi issue penting dalam hal ini, maka temukan semua cara yang riil untuk mendapatkan penghasilan dari apa yang Anda kerjakan dengan penuh cinta tersebut. Melakukan sesuatu dengan rasa cinta (baca: passion) memberikan kepuasan yang tiada habisnya, dan uang hanyalah efek samping. Ini beberapa contoh membuat passion Anda menjadi nyata:

  • Jika passion Anda fotografi: pertimbangkan peluang untuk mencari kerja di majalah travel/pariwisata, wedding company, bekerja di perusahaan kamera, galeri foto, atau menjadi fotografer lepas untuk koran/majalah.
  • Jika passion Anda adalah travel: pertimbangkan peluang untuk mendapatkan kerja sebagai tour guide, jurnalis, bekerja di kapal pesiar, menjadi pramugari/pilot, penulis di website berita/travel, agen periklanan yang fokus di industri travel, bekerja di biro pariwisata atau menjadi konsultan (hampir sebagian besar tugas konsultan adalah mobile).
  • Jika passion Anda adalah menulis: pertimbangkan peluang untuk bekerja sebagai penulis lepas, mengajar teknik kepenulisan di web/sekolah, menjadi wartawan, membuat blog yang berisi tulisan-tulisan yang bermutu dan bernilai jual, bekerja sebagai copy writer di perusahaan iklan, atau menjadi editor di majalah/koran

3. Bergaullah dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan Anda.
Temukan orang-orang yang memiliki passion yang sama dengan Anda, dan hang out lah dengan mereka, Anda akan menemukan diri Anda berada dalam ’aura’ yang sama dan merasakan energi Anda meningkat. Sebaliknya jika Anda bergaul dengan orang-orang yang tidak memiliki passion yang sama dengan Anda, Anda seperti merasakan frustasi dan mandeg. Nah, untuk Anda yang masih kuliah, berupayalah untuk membangun jaringan dengan teman-teman yang memiliki passion yang sama, dan kembangkan jaringan ini secara profesional—ini akan sangat membantu Anda untuk mendapatkan ide-ide pekerjaan, dukungan moral, dan mentoring.

Selamat mencoba

3 responses to “Passion

  1. Ping-balik: Banting Stir? Kenapa tidak…! « Agus Permana·

  2. Ping-balik: Apa itu Passion? | chainforward·

  3. Ping-balik: Banting Stir? Kenapa tidak…! | Agus Permana·

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s