Think Out Of The Box

Dalam sebuah obrolan ringan, seorang mahasiswa bertanya kepada dosennya, “Pak, sebenarnya kalo saya kuliah di jurusan Teknik Komputer kira-kira nanti saya akan memperoleh pekerjaan apa??”  Kemudian sang dosen menjawab, ” Kamu masih terkurung dengan paradigmamu, carilah pekerjaan yang kamu suka. Jangan sampai kamu terkurung dengan kotak (box) yang bernama jurusan suatu pendidikan. Jika kamu kreatif, jadilah pengusaha. Ciptakan Ide-ide gila.

Mencoba berpikir diluar kebiasaan memang dapat menjadikan kita senantiasa kreatif, karena dengan kreatif bisa menyelesaikan berbagai masalah. Namun berfikir out of the box juga tetap harus memiliki relevansinya dengan batasan-batasan awal yang telah ditetapkan didalam ruang lingkup kerja kita, sehingga tidak benar-benar out beneran dan malah menimbulkan masalah baru.

Berpikir ”out of the box” tidak selalu harus kelihatan ”rumit dan canggih” tetapi sesuatu yang mungkin simple dan sederhana tapi diluar dari kebiasaan. Dalam kehidupan sehari-haripun kita melihat bahwa hasil karya seperti bagaimana munculnya kartu kredit, mesin ATM, internet, air mineral dan lain sebagainya adalah hasil dari cara pikir ”out of the box”.

Melatih diri, pikirkan hal-hal yang belum banyak dilakukan orang lain, walaupun itu hal yang kecil dan sederhana, jika hal itu bisa menjadikan suatu pekerjaan menjadi efektif dan efisien, pasti akan berguna. Contoh sederhana yang sudah saya coba lakukan seperti menggabungkan rekapitulasi absensi yang biasanya satu orang satu lembar (berbentuk portrait) menjadi  satu lembar untuk beberapa karyawan (berbentuk landscape) sehingga selain menjadi lebih hemat dalam penggunaan kertas, juga lebih mudah dalam melakukan input data absensi.

 Atau bagi anda yang menyukai teknologi informasi, kenapa tidak untuk membuat aplikasi sendiri yang dapat meringankan pekerjaan kita, seperti aplikasi berbasis web yang saya buat ini pun cukup mudah untuk dipelajari, ada banyak tutorial kita bisa dapatkan di internet dan satu hal lagi yang tak kalah penting, tools developer untuk membuat aplikasi web base ini gratis karena menggunakan versi express edition dari Visual Web Developer dan SQL 2005 sebagai databasenya. Dengan aplikasi web based ini dokumen atau report menjadi lebih mudah didapat karena sudah tersentralisasi dalam satu aplikasi, seperti yang terlihat dalam video berikut :

 

Ok, selamat berkreatifitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s