Etika Profesi

Praktik Etika Profesi

 

  • Juridis Formal (Hukum/Aturan)
  • De Fakto (Profesisosial)

Misal Guruyang bisa mengajar tapi tidak memiliki latar belakang pendidikan.

Seseorang yang memiliki keahlian tertentu

Contoh profesi social yang tepat :

Ulama,Ustadz,kiyai…pendeta,rahibdsj??

  • Etika tidak sepenuhnya 100% dapat diterapkan. Contoh kasus : ????

 

Etika Bisnis (entrepreneur)

Etika Bisnis dan Tanggung Jawab Sosial =>Keputusan Bisnis =>Pendapatan Perusahaan => Nilai Perusahaan

 

Contoh Tidak Etis

  • Seorang karyawan perusahaan computer yang dibayar berdasarkan komisi cenderung menjual computer jauh lebih mahal kepada pelanggan dari pada yang derlukan. Akibatnya : Keuntungan untuk karyawan, akibat sebaliknya untuk pelanggan.
  • Seorang manajer mempekerjakan seorang teman, walaupun teman tersebut bukan pelamar yang baik. Akibatnya : Keuntungan bagi manajer, akibat sebaliknya untuk pelamar lain yang sebenarnya lebih pantas mendapatkan pekerjaan tersebut
  • Seorang karyawan yang pekerjaannya membeli bahan persediaan untuk pabrik manufaktur, dia hanya membeli hamper semua bahan persediaan dari seorang pemasok saja yang memberikan hadiah (komisi )setiap tahun. Sedangkan Pemasok memberikan harga 20% lebih tinggi dari pemasok lain. Karena biaya persediaan sangat tinggi maka keuntungan perusahaan jadi lebih rendah
  • Agar pengeluaran tetap rendah, seorang karyawan perusahaan membuang barang polusi ketempat sampah dari pada membuang ditempat pembuangan limbah secara benar. Akibatnya : Keuntungan untuk karyawan, sebaliknya untuk lingkungan

 

Contoh Tanggung Jawab

  • Tanggung Jawab Kepada Pelanggan

Tanggung jawab perusahaan kepada pelanggan jauh lebih luas dari pada hanya menyediakan barang atau jasa. Perusahaan mempunyai tanggung jawab ketika memproduksi dan menjual produknya.

  • Praktik Tanggung Jawab Produksi

Produk harus diproduksi dengan keyakinan menjaga keselamatan pelanggan. Label peringatan yang seharusnya ditempelkan pada produk untuk melindungi terhadap adanya kecelakaan yang dapat timbul karena salah dalam penggunn. Untuk beberapa produk, informasi yang tepat akan adanya efek samping dapat pula diberikan. Misalnya???

  • Praktik Tanggung Jawab Penjualan

Perusahaan perlu petunjuk yang membuat karyawan tidak berani menggunakan strategi penjualan yang terlalu agresif atau advertensi, yang menyesatkan. Mereka juga memakai survey kepuasan untuk meyakinkan bahwa pelanggan diperlakukan dengan semestinya oleh karyawan bagian penjualan. Survei harus dilakukan setelah pelanggan membeli dan memutuskan apakah produknya sudah sesuai dengan yang dikatakan oleh karyawan bagian penjualan.

 

 Cara Perusahaan Menjamin Tanggung Jawab Sosial kepada Pelanggan

  • Ciptakankodeetik.Perusahaandapatmenciptakankodeetikbisnisyangmemberikanserangkaianpetunjukuntukkualitasproduk,sekaligussebagaipetunjukbagaimanakaryawan,pelanggan,danpemilikseharusnyadipelihara
  • Pantaulahsemuakeluhan
  • Umpanbalikpelanggan

 

Perlindungan Pelanggan

  • KonsumerismeMenjaminTanggungJawabterhadapPelanggan

Tanggungjawabperusahaanterhadappelanggandidorongtidakhanyaolehperusahaan,tetapijugaolehsekelompokkonsumentertentu.Konsumerismemewakilipermintaankolektifpelanggandimanabisnismemenuhikebutuhanmereka.Kelompokkonsumenmenjadipopulerdalamtahun1960-andantelahbertambahefektifsejalandenganpertumbuhannya

  • PemerintahMenjaminTanggungJawabterhadapPelanggan

Sebagaitambahandarikodetanggungjawabperusahaandangelombangkonsumerisme,pemerintahcenderungmenjamintanggungjawabkepadapelanggandenganberbagaihukumatas:

  1. a.       keamananproduk,
  2. b.      iklan,dan
  3. c.       kompetisiindustri.
  • Peraturan Pemerintah tentang Keamanan Produk

Pemerintahmelindungikonsumendenganmemberikanperaturanatasbeberapaprodukperusahaan.POM(PengawasObatobatandanMakanan)bertanggungjawabuntukmengetesprodukmakananuntukmenentukanapakahmerekamemenuhisyarattertentu.POMjugamengujiobat-obatanbaruyangdikembangkanperusahaan.Karenapotensiefeksampingtidakbisasegeradiketahui.

Contojhlain???

  • Peraturan Pemerintah Mengenai Periklanan

Pemerintahjugatelahmenciptakanhukumyangmelarangiklanyangmenyesatkan.Namunmasihjugabelumbisamelindungisemuapraktikbisnisyangtidaketis.Beberapacontohperiklanandapatdikatakanmenyesatkan,sangatsulitmengetahuiapabilasuatuprodukitubarudandiperbarui.Tambahanpula,kondisiseperti”hargaterendah”dapatmempunyaiartiatauinterpretasiberbeda.

  • Peraturan Pemerintah Mengenai Kompetisi Industri

Pemerintahmenjaminbahwakonsumendiperlakukansebagaimanamestinyayaitudenganmempromosikanpersamaandalamhampirseluruhindustri.Persainganantarperusahaanmenguntungkanpelanggan,karenaperusahaanyangterlalumemberikanhargaberlebihanataumemproduksibarangyangkualitasnyatidakdapatditerimatidakakanbertahandidaamlingkunganpersaingan.Karenapersaingan,konsumendapatmenghindariperusahaanyangmenggunakantaktikpenjualanyangmenyesatkan.

  • Tanggung Jawab Kepada Karyawan

Perusahaanjugamempunyaitanggungjawabkepadakaryawannyauntukmeyakinkanatas

  1. a.       rasaaman,
  2. b.      perlakuanyangwajardarikaryawanlain
  3. c.       dankesempatanyangsama.
  4. d.      PerlindungandariPelecehanSeksual

 

Tanggung jawab kepada Pemegang Saham

  • Perusahaan(pengusaha)bertanggungjawabuntukmemuaskanpemilikmereka(pemegangsaham).Karyawanmungkintergodauntukmembuatkeputusanyangmemuaskankepentingannyasajadaripadakepentinganpemiliknya.Misalnya,beberapakaryawanmungkinmemakaiuangperusahaanuntukmembelikomputeruntukkeperluanpribadidaripadakepentinganperusahaan.

Tanggung Jawab Kepada Kreditor

  • Perusahaanbertanggungjawabmemenuhiobligasikeuanganmerekakepadakreditor.Jikaperusahaanmengalamimasalahkeuangandantidakdapatmemenuhiobligasi(tanggungjawab)mereka,merekaharusmemberitahuparakreditor.Kadangkadangkreditorbersediamemperpanjangjatuhtempopembayarandanmalahmemberinasihatkepadaperusahaanbagaimanaharusmemperbaikikondisikenganmereka.Suatuperusahaanmempunyaiinsentifkuatuntukmemuaskantanggungjawabnyakepadakreditor.Jikaperusahaantidakmembayarutangkepadakreditor,mungkinakandipaksamengakubangkrut.

 

Pengusaha -Lingkungan

  • Tanggung Jawab Kepada Lingkungan

Prosesproduksiyangdigunakanperusahaan,jugaprodukyangdihasilkan,dapatmerusaklingkungan.

  1. a.       PolusiUdara
  2. b.      PolusiTanah

Harusdilakukanupayapreventifdanpenyelesaian.

 

Esensi Etika Profesi

Bertujuan :

  • ·         Menyelaraskan kebutuhan individu
  • ·         Menyelaraskan kebutuhan sosial dan
  • ·         Menyelaraskan lingkungan profesi
  • ·         Memilik standar baku profesi
  • ·         Standar profesi :

“adalahbatasankemampuan(knowledge,technicalskillandprofessionalattitudeyangharusdikuasaiuntukmelakukanprofesionalnya.

  • ·         MemilikiSOP(Standarproseduroperasional)
  • ·         Standar prosedur operasional

“adalahsuatuperangkatinstruksi/langkah-langkahyangdibakukanuntukmenyelesaikansuatuprosedurkerjarutintertentu.

  • ·         Prosedurtsbmemberikanacuantentanglangkah-langkahyangbenardanterbaikberdasarkankonsensusbersamauntukmelaksanakankegiatan/tugasataumenjalankanfungsitertentusesuaibidangprofesinya.

 

KeuntunganAnggota profesi memiliki keuntungan :

  • ·         Memperoleh perlindungan hukum
  • ·         Memiliki kemampuan standar keahliaeh pedoman kerja profesional
  • ·         Menjaminlayananbermutudantanggungjawab
  • ·         Mendorongkemajuanpengetahun,wawasandankeahlian

 

Lingkup Profesi

  • ·         Internasional
  • ·         Lokal
  • ·         Misal : Profesi Akuntan
  • ·         Internasional;IFAC(TheInternationalFederationofAccountants).AAA(AmericanAccountingAssociation).AICPS(AmericanInstituteofCertifiedPublicAccountant).
  • ·         Lokal:IAI(IkatanAkuntanIndonesia)

 

Pengertian

  • ·         AsosiasiakuntansiAmerikamendefinisikanauditingsebagaiberikut:
  • ·         Auditingadalahsebuahprosessistematissecaraobyektifuntukmendapatkandanmengevaluasibuktimengenaipernyataanperihaltindakandantransksiberniaiekonomi,untukmemastikantingkatkesesuaianantarapernyataandengankriteriayangtelahditetapkan,sertamengkomunikasikanhasil-hasilnyapadaparapemakaiyangberkepentingan
  • ·         Auditingmembutuhkanpendekatanlangkahperlangkahyangdibentukdenganperencanaantelitisertapemilihandanpelaksanaanteknikyangtepatdennhati-hati.
  • ·         Keterlibatanaudityaitumengumpulkan,meninjau,danmendokumentasikanbuktiaudit.

 

Standar-standar Audit Internal

  • ·         BerdasarkanAccordingInstituteofInternalAuditors(IIA),tujuandariauditinternaladalahuntukmengevaluasikecukupandanefektifitassistempengendalianinternalperusahaan.
  • ·         Jugamenetapkankeluasandaripelaksanaantanggungjawabyangbenar-benardilakukan
  • ·         KelimastandarlingkupauditIIAmemberikangarisbesaratastanggungjawabauditorinternal:
  1. 1.       Melakukantinjauanataskeandalandanintegritasinformasioperasionaldankeuangan,sertabagaimanahaltersebutdiidentifikasi,diukur,diklasifikasidandilaporkan.
  2. 2.       Menetapkanapakahsistemtelahdidesainuntuksesuaidengankebijakanoperasionaldanpelaporan,perencanaan,prosedur,hukum,danperaturanyangberlaku
  3. 3.       Melakukantinjauanmengenaibagaimanaasetdijaga,danmemverifikasikeberadaanasettersebut.
  4. 4.       Mempelajarisumberdayaperusahaanuntukmenetapkanseberapaefektifdanefisienmerekadigunakan
  5. 5.       Melakukantinjauanatasoperasionaldanprogramperusahaan,untukmenetapkanapakahmerekatelahdilaksanakansesuairencanadanapakahmerekadapatmemenuhitujuan-tujuanmereka.

 

Jenis-jenis Kegiatan Audit Internal

  • ·         Terdapattigajenisaudityangbiasanyadilakukan,yaitu:
  • ·         Auditkeuanganmemeriksakeandalandanintegritascatatancatatanakuntansi(baikinformasikeuangandanoperasional).
  • ·         AuditsisteminformasimelakukantinjauanataspengendalianSIAuntukmenilaikesesuaiannyadengankebijakandanprosedurpengendaliansertaefetivitasdalammenjagaasetperusahaan.
  • ·         Jenis-jenis Kegiatan Audit Internal
  • ·         Auditoperasionalataumanajemenberkaitandenganpenggunaansecaraekonomisdanefisien sumberdaya, sertapencapaiansasarandantujuanyangtelahditetapkan.

 

Audit Sistem Informasi

  • ·         TujuanauditSIAadalahuntukmeninjaudanmengevaluasipengendalianinternalyangmelindungisistemtersebut.
  • ·         Ketikamelaksanakanauditsisteminformasi,paraauditorharusmemastikantujuan-tujuanberikutinidipenuhi:
  1. 1.       Perlengkapan keamanan melindungi perlengkapan komputer ,program, komunikasi, dan data dari akses yang tidak sah, modifikasi ,atau penghancuran.
  2. 2.       Pengembangandanperolehanprogramdilaksanakansesuaidenganotorisasikhususdanumumdaripihakmanajemen.
  3. 3.       Modifikasi program dilaksanakan dengan otorisasi dan persetujuan pihak manajemen.
  4. 4.       Pemrosesan transaksi ,file, laporan, dan catatan computer lainnya telah akurat dan lengkap.
  5. 5.       Data sumber yang tidak akurat atau yang tidak memiliki otorisasi yang tepat diidentifikasi dan ditangani sesuai  dengan kebijakan manajerial yang tlah ditetapkn.
  6. 6.       File data computer telah akurat, lengkap, dan dijaga kerahasiaannya.

 

CobiT

Dibuat oleh organisasi ISACA (Information Systems Audit and Control Association) dan dikembangkan oleh IT Governance Institute. Focus on audit, control and security issues

 Misi CobiT

Melakukan penelitian, pengembangan, publikasi dan promosi terhadap control objective dari teknologi informasi yang secara umum diterima dilingkungan internasional untuk pemakaian sari-hari oleh manager dan auditor

 

Lingkup CobiT -> 4 domains

  • ·         Planning & Organization
  • ·         Acquisition & Implementation
  • ·         Delivery & Support
  • ·         Monitoring

 

CobiT -> Control Objectives

  • ·         Defining controls that should be in place
  • ·         34 processes
  • ·         3-30 detailed IT Control Objectives

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s