System Informasi

Kembali ke => Kumpulan mata kuliah Teknik Informatika

PERTEMUAN 1

 

TERMINOLOGI

 TERMINOLOGI ANALISA : Suatu kegiatan yg dimulai dari proses awal didalam mempelajari serta mengevaluasi suatu bentuk permasalahan (case) yg ada.

SISTEM : Seperangkat unsur2 yg terdiri dari manusia, mesin/alat & prosedur serta konsep2 yg dihimpun menjadi satu utk maksud & tujuan bersama.

INFORMASI :Data yg telah diolah menjadi bentuk yg lebih berguna & berarti bagi yg menerimanya

PROF.Dr.Mr.S.PRAJUDI A. Sistem adalah suatu yg terdiri dari obyek, unsur2 atau komponen2 yg berkaitan & berhubungan satu sama lainnya, sehingga unsur2 tersebut merupakan satu kesatuan proses.

DRS. KOMARUDDIN  Sistem adalah suatu susunan yg teratur dari kegiatan yg berhubungan satu sama lainnya serta prosedur2 yg berkaitan utk melaksanakan & memudahkan pelaksanaan kegiatan dari suatu organisasi

 

PENGERTIAN SUB SISTEM

GORDON B. DAVIS Sistem dibagi menjadi beberapa faktor atau unsur-unsur kedalam subsistem2.

NORMAN. L.ENGER  Suatu sub-sistem adalah serangkaian kegiatan yg dpt ditentukan

identitasnya

 

HUBUNGAN SISTEM DENGAN SUBSISTEM

KARAKTERISTIK SISTEM (penggambaran sistem secara logik)

 COMPONENTS (komponen)

 BOUNDARY (batasan sistem)

 ENVIRONMENTS (lingkungan luar sistem)

 INTERFACE (penghubung sistem)

 INPUT (masukan)

 OUTPUT (keluaran)

 PROSES (pengolahan sistem)

 OBJECTIVES & GOAL (sasaran dan tujuan sistem)

 

KLASIFIKASI SISTEM

1. SISTEM ABSTRAK vs SISTEM FISIK

2. SISTEM ALAMIAH vs SISTEM BUATAN MANUSIA

3. DETERMINAN SISTEM vs PROBABILISTIK SISTEM

4. SISTEM TERTUTUP vs SISTEM TERBUKA

 

PERSONIL SISTEM

Aspek Sistem Komputerisasi : Software, Hardware, Brainware

 

BRAINWARE (Personil) yaitu

1. EDP MANAGER

2. SISTEM ANALIS

3. PROGRAMMER

4. OPERATORKOMPUTER

5. DATA ENTRY

6. TEKHNISI KOMPUTER

 

SISTEM ANALIS

FUNGSI ANALIS SISTEM

  •  Mengidentifikasi Masalah Kebutuhan User
  •  Menyatakan secara spesifik sasaran yang harus dicapai
  •  Memilih alternatif metode pemecahan masalah
  •  Merencanakan dan menerapkan rancangan sistem.

 

TUGAS SISTEM ANALIS

1. Mengumpulkan & Menganalisa Dokumen

2. Menyusun Dan Menyajikan Rekomendasi

3. Merancang Dan Mengidentifikasi Sistem

4. Menganalisa Dan Menyusun Biaya

5. Mengawasi Kegiatan Penerapan Sistem

 

PRIBADI ANALIS SISTEM

1. Mampu Bekerja sama

2. Berkomunikasi dgn Baik

3. Bersikap Dewasa

4. Sopan Santun

5. Mempunyai Pendirian

6. Bersikap Tegas

7. Bertindak secara Metodik

8. Akurat

9. Kreatif

PERTEMUAN 2

 

INFORMASI

 KONS E P DASAR

INFORMAS  ADALAH DATA YANG T E LAH DIOLAH MENJADI BENTUK YANG LEBIH BERGUNA DAN BERARTI BAGI YANG MENERIMANYA.

 

 KUALITAS INFORMASI  Akurat, Tepat Waktu, Relevan

 NILAI INFORMASI  Manfaat dan Biaya Yang Dikeluarkan

 

INFORMASI UNTUK ORGANISASI

 *) TIPE INFORMASI DARI TOP  DOWN BERSIFAT TERSARING

 *) TIPE INFORMASI DARI DOWN  TOP BERSIFAT TERINCI

 

1. TOP MANAGER, Informasi sbg pendukung perencanaan & perumusan kebijakan

2. MIDLE MANAGER, Informasi sbg alat bantu planning & decision maker

3. LOW MANAGER, Informasi sbg pendukung operasi manajemen sehari2

4. STAFFING, Informasi untuk mengolah transaksi suatu proses

Sistem Informasi  suatu sistem di dlm suatu organisasi yg mempertemukan kebutuhan proses dgn laporan2 yg diperlukan

 

KOMPONEN SISTEM INFORMASI

1.INPUT BLOCK

2.MODEL BLOCK

3.OUTPUT BLOCK

4.TECHNOLOGY BLOCK

5. DATABASE BLOCK

6. CONTROL BLOK

ORGANISASI SISTEM INFORMASI.

Unsur-unsur :

1.Manusia

2.Sasaran

3.Tempat Kedudukan

4.Pekerjaan

5. Tehnologi

6. Struktur

7. Lingkungan

Prinsip-prinsip : Bahwa Tujuan dan Sasaran Organisasi Sistem harus

1. Jelas

2. Mudah dipahami

3. Diterima

4. Tugas Pokok & Fungsi Jelas

5. Pembagian TugasTugas Jelas

6. Fungsionalis

7. Koordinasi,Integrasi, Sinkronisasi

8. Kontinuitas

9. Fleksibilitas

10. Sederhana

11. Pendelegasian

12. Pengelompokan

13. Kesatuan arah

14. Kesatuan perintah

PERTEMUAN 3

TAHAPAN PROSES BANGSIS

TUJUAN BANGSIS

Mengorganisasikan sistem informasi yg baru yg mampu mengatasi berbagai masalah yg terdapat dalam suatu organisasi.

 

PERLUNYA BANGSIS

1. Adanya problem yang timbul pada sistem yang lama

2. Al. Krn ketidakberesan sistem, Pertumbuhan Organisasi. Dll

3. Untuk meraih kesempatan2 (opportunities)

4. Adanya instruksi2 (directives)

PRINSIP BANGSIS

1. Sistem yg dikembangkan untuk manajemen

2. Sistem yg dikembangkan adalah investasi modal yg besar

3. Sistem yg dikembangkan memerlukan orang orang yg terdidik

4. Tahapan dan Tugas yg harus dilakukan

5. Proses BangSis tidak harus urut

6. Jangan takut membatalkan proyek

7. Dokumentasi harus ada sbg pedoman dalam bangsis

 

PENINGKATAN YANG DIHARAPKAN PADA BANGSIS

1. PERFORMANCE (Kinerja)

2. INFORMATION (Informasi)

3. ECONOMY (Ekonomi)

4. CONTROL ( Pengawasan )

5. EFFICIENCY ( Efisiensi )

6. SERVICES ( Servises )

 

KERANGKA TUGAS BANGSIS (TINGKAT PENGENDALIAN)

Tingkat Kendali Atas, Menengah, Bawah

1. Tahap Pra-Pelaksana BangSis (Perencanaan Proyek Sistem)

A. Merencanakan Proyek Sistem

– Mengkaji Tujuan, Perencanaan Strategi & Taktik perusahaan.

– MengIdentifikasikan Proyek-proyek Sistem

– Menetapkan Sasaran Proyek Sistem

– Menetapkan Kendala Proyek Sistem

– Menentukan Prioritas Proyek

– Membuat Laporan Perencanaan Sistem

– Persetujuan Manajemen

B. Mempersiapkan Proyek yang akan dikembangkan

 Menunjuk Team Analis

 Mengumumkan Proyek BangSis

C. Mendefinisikan Proyek Yang Dikembangkan

 MengIdentifikasi Proyek Sistem

 Melakukan Studi kelayakan

 Menilai kelayakan Proyek Sistem

 Membuat Usulan Proyek Sistem

 Persetujuan Manajemen

TAHAP-TAHAP PEMBANGUNAN SISTEM

1. TAHAP INVESTIGASI

• Studi Awal (Initial Investigation)

• Studi Kelayakan (Feasibility Study)

2. TAHAP ANALISA

• Pembahasan Sistem Berjalan

• Penentuan Kebutuhan Sistem Baru

• Rancangan Sistem Baru

3. TAHAP RANCANGAN

• Rancangan & Spesifikasi Teknis

• Pembuatan Program-program

• Training User

4. TAHAP IMPLEMENTASI

• Test Sistem (Konversi)

• Pemasangan dan Peralihan Sistem

• Review Hasil Implementasi

• Laporan Pembangunan Sistem

FASE – DAUR HIDUP BANGSIS

1. INVESTIGATION PHASE

2. FASE ANALISA & RANCANGAN SISTEM

3. FASE RANCANGAN SECARA DETAIL & PENERAPANNYA

4. INSTALLATION PHASE

5. FASE REVIEW

 

 

PERTEMUAN 5

PENDEKATAN SISTEM

1. Ditinjau dari SASARAN yang akan dicapai

a. Pendekatan Sepotong (PIECEMEAL APPROACH)

b. Pendekatan Sistem (SYSTEMS APPROACH)

2. Ditinjau dari cara MENENTUKAN KEBUTUHAN SISTEM

a. Pendekatan Bawah-Naik (BOTTOM-UP APPROACH)

b. Pendekatan Atas-Turun (TOP DOWN APPROACH)

3. Ditinjau dari cara MENGEMBANGKANnya

a. Pendekatan Menyeluruh ( TOTAL-SYSTEMS APPROACH)

b. Pendekatan Modular (MODULAR APPROACH)

4. Ditinjau dari TEKNOLOGI yang digunakan :

a. Pendekatan Lompat Jauh (GREAT LOOP APPROACH)

b. Pendekatan Berkembang (EVOLUTIONARY APPROACH)

5. Ditinjau dari METODOLOGI yang digunakan :

a. Pendekatan Klasik (CLASSICAL APPROACH)

b. Pendekatan Terstruktur (STRUCTURED APPROACH)

 

METODOLOGI BANGSIS

Definisi :

 Metodologi

 Metode

 Algorithma

 Metodologi BangSis

KLASIFIKASI METODOLOGI

1. Functional Decomposition MethodologiesYang Termasuk pada metode ini :

a. HIPO (Hierarchy Input Proses Output)

b. ISR (Iteractive Stepwise Refinement)

c. Information Hiding

2. Data Oriented Methodologies

Dikelompokkan dalam :

a. Data Flow Oriented Methodologies, Yang termasuk dlm metode ini :

1. DFD

2. SADT

3. SSAD

4. Composite Design

b. Data Structure Oriented Methodologies, Yang termasuk dalam metode ini :

1. Jackson SystemDesign

2. Warrier/Or

c. Prespective Methodologies, Yang termasuk dalam metode ini :

a. ISDOS (Information Systems Design and Operation Systems)

b. PLEXSYS

c. PRIDE

 

PERTEMUAN 9

TAHAP ANALISA SISTEM

 

TUJUAN :

Memberikan pelayanan kebutuhan informasi kepada manajer di dalam pelaksanaan kegiatan opersional perusahaan.

1. Membantu para Decision Maker utk mendapatkan bahan perbandingan sbg tolok ukur terhadap hasil yg telah dicapai.

2. Meng-Evaluasi bentuk sistem yg lama, baik utk proses pengolahan data maupun pembuatan laporannya.

3. Merumuskan Tujuan2 yg ingin dicapai serta menyusun rencana pembangunan sistem dan langkah penerapannya.

 

LANGKAH DASAR ANALISA SISTEM

1. Identify

2. Understand

3. Analyze

4. Report

 

PRODUK/HASIL

Suatu laporan yg mendapatkan gambaran tentang rancangan sistem informasi baru dari hasil pemecahan masalah pada sistem lama.

 

KEGIATAN

1. Pembahasan sistem berjalan

2. Menentukan Kebutuhan sistem baru

3. Merancang Sistem Baru

 

 

PEMBAHASAN SISTEM BERJALAN

TUJUAN  Mempertegas bentuk logika sistem berjalan scr konsepsional sbg bahan acuan utk penyusunan rancangan sistem yg akan diusulkan.

KEGIATAN

 Mengumpulkan data awal

 Menyusun dan Mengklasifikasikan data awal

 Menginterpretasikan serta mengevaluasi data awal

 

1. MENGUMPULKAN DATA AWAL

 Gunakan Kertas Kerja Analisa Dokumen (KKAD)

 Usahakan untuk mendapatkan  2 lbr dari setiap dokumen yang telah berisi data.

 Usahakan juga mendapatkan dokumen yang belum terisi data (blanko kosong)

2. MENYUSUN DAN MENGKLASIFIKASIKAN DATA AWAL

Kategori data dalam organisasi yang harus dikumpulkan :

1. Arus Dokumen

2. Cara Menyiapkan Dokumen

3. Isi Data & Format Dokumen

4. Klasifikasi Dokumen

5. Data Tentang Organisasi

6. Data Tentang Personil

7. Data Ttg Prosedur Kerja

8. Data Lingkungan Kerja

3.MENGINTERPRETASIKAN DAN MENGKLASIFIKASIKAN DATA AWAL

Untuk mengetahui bagaimana sistem yang ada “Seharusnya Berjalan – Should Function “ dan juga bagaimana sistem yang ada “Sesungguhnya Berjalan – Actually Function”)

PERTEMUAN 10

TOOLS SISTEM

 

Tools System yg digunakan utk merancang Model Sistem :

1. DFD (Data Flow Diagram) **

2. DD ( Data Dictionary) **

3. SE (Structure English)

4. DTA ( Decision Table)

5. DTE ( Decision Tree)

 

Fungsi TOOLS Sistem :

 Untuk menjelaskan kepada user bagaimana fungsi dari Sistem Informasi dapat bekerja dgn suatu bentuk Logical Model & Physical Model

DATA FLOW DIAGRAM, adalah suatu network yg menggambarka suatu system automat/komputerisasi, manual atau gabungan dari keduanya dalam susunan berbentuk komponen system yg saling berhubungan sesuai dgn aturan mainnya.!

SIMBOL2 :

1. EXTERNAL ENTITY

2. PROSES

3. DATA FLOW

4. DATA STORE

 

ATURAN MAIN DFD

1. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara EXTERNAL ENTITY dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung

2. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE dgn DATA STORE secara langsung

3. Dlm DFD tidak boleh menghubungkan antara DATA STORE dgn EXTERNAL ENTITY secara langsung (atau sebaliknya)

4. Setiap PROSES harus ada DATA FLOW yg masuk dan ada DATA FLOW yg keluar.

CARA MEMBUAT DFD

1. Top-Down Analysis, mulai dari umum s/d detail

2. Jabarkan proses s/d sedetail mungkin.

3. Pelihara Konsistensi Entity, Proses, Data Flow dan Data Store yang terjadi dalam Data Flow Diagram.

4. Berikan Label yg bermakna untuk tiap2 simbol.

 

TAHAPAN PROSES PEMBUATAN DFD

(KONSTRUKSI)

1. Buat DIAGRAM KONTEKS (Global)

2. Buat DIAGRAM NOL (0)

3. Buat DIAGRAM DETAIL (Detail/Rinci)

 

PERTEMUAN 11

 

DATA DICTIONARY

Fungsi Data Dictionary  suatu katalog yang menjelaskan lebih detail tentang DFD yang mencakup proses, data flow & data store.

 

Hal yg harus dimuat dalam Data Dictionary

1. Nama Arus Data

2. Alias

3. Bentuk Data

4. Arus Data

5. Penjelasan

6. Periode

7. Volume

8. Struktur data

NOTASI PADA KAMUS DATA

1. NOTASI TIPE DATA

2. NOTASI STRUKTUR DATA

STRUKTUR ENGLISH

Merupakan alat utk menggambarkan suatu algoritma, sering disebut juga Pseudecode

 Struktur dasar PemrogramanTerstruktur :

» Struktur Urut (Sequence Structured)

» Struktur Keputusan (Decision Structured)

» Struktur Iterasi (Iteration Structured)

 

Pertemuan 12

 

DISKUSI PROPOSAL SISTEM YANG BERJALAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN DATA FLOW DIAGRAM SERTA KAMUS DATA

 

STUDI KASUS DFD & KAMUS DATA

 

Sistem Penjualan Catering Pada Restoran Sederhana

1. Proses Pemesanan

Seorang pelanggan memesan makanan via telepon yang diterima oleh bagian penjualan dengan membuat DO, DO tersebut diteruskan ke bagian keuangan untuk dibuat nota tagihan dan diteruskan ke bagian dapur

2. Proses Mengantar & Membayar

Setelah makanan siap dan nota tagihan diterima bagian pengantaran, maka makanan akan diantar ke rumah pelanggan dengan menyerahkan nota tagihan tadi ke pelanggan Setelah pelanggan membayar tagihan, pelanggan akan menerima salinan nota, dan nota tagihan yang asli akan dikembalikan ke bagian keuangan

3. Poses Pembuatan Laporan

Dari catatan data pelanggan, pesanan dan pembayaran maka bagaian keuangan akan membuatkan laporan penjualan yang ditujukan ke pimpinan perusahaan Dari Poses yang sederhana ini buatlah Diagram Alir Data :

1. Diagram Conteks

2. Diagram Nol

3. Diagram Detail 2.0

 

Dari kasus tesebut diatas didapat dokumen sebagai berikut :

Restoran Sederhana

Daftar Pesanan Pelanggan

No Pelanggan : CT-002

Nama Pelanggan : Bapak Asep Bambang

No Pesanan : 011

Tanggal Pesanan : 12/08/04

No       Kode    Nama               Harga               Jumlah                         Total

Ur        Barang             Barang                         Satuan              Beli                  Biaya

1          SD-05 Daging Asap    10,000                         10                    100,000

2          SD-09 Ayam Bakar    15,000                         5                      75,000

3          SD-01 Nasi                 5,000               5                      25,000

Total Bayar      200,000

Catatan : Dibuat Dalam 12 Box

Jakarta, 12 Agustus 2004

Penerima Petugas Pengantar

————————- ————————–

 

PERTEMUAN 13

ANALISA KONSEP DATABASE

 

Tehnik merancang model konseptual dgn model data relational

1. Tehnik Normalisasi

2. Tehnik Entity Relationship

 

TEKNIK NORMALISASI

 Mrpkn proses pengelompokkan elemen data menjadi tabel2 yg menunjukkan entity & relasinya

 Field/key yg digunakan :

a. Candidate Key

b. Primary Key

c. Alternate Key

d. Foreign Key

 

Tahapan Proses Normalisasi :

 UnNormalized Form

 First Normal Form/1Nf

 Second Normal Form/2Nf

 Third Normal Form/3Nf

 Boyce-Codd Normal Form/BCNf

 

ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM

Proses hubungan antar file yg direlasikan dgn relation key yg merupakan primary key dari masing- masing file

 

Hubungan/relasi antar file

a. One To One Relationship 2 file

b. One To Many Relationship 2 file

c. Many To Many Relationship 2 file

PERTEMUAN 14

 

KONSEP ANALISA BERORIENTASI OBJEK

1. Pengertian dan Komponen OOA

Pengertian OOA : Adalah suatu cara menganalisa pengembangan perangkat lunak dan sistem informasi berdasarakan abstraksi objek-objek yang ada di dunia nyata. Menurut Brocks (1987) dikutip dari buku Object Oriented Modelling And Design tulisan James Rumbaugh mengemukakan bahwa bagian tersulit dari pengembangan perangkat lunak atau sistem informasi adalah tahap analisis dimana kita harus menganalisis masalah yang sangat rumit, yang kita jumpai di dunia nyata serta melakukan abstraksi terhadap masalah itu, kemudian melakukan perancangan agar dapat diimplementasikan dengan cepat dan akurat.

 Komponen OOA:

• Abstraksi : Memfokuskan pada objek (Berhubungan dengan pemilihan bahasa program)

• Enkapsulasi : penyembunyian informasi dari fungsi/prosedur lainnya

• Penggabungan data dan perilaku (Fungsi)/Polimorfism

• Sharing (berbagi data/informasi)

• Penekanan pada Struktur objek, bukan prosedur

• Sinergi : saling melengkapi

2. Keunggulan OOA

• Pendekatannya lebih pada data dan bukan pada prosedur

• Program berukuran besar dapat dibagi menjadi objek-objek

• Stuktur data dirancang dan menjadi karakteristik dari objekobjek

• Fungsi-fungsi yang mengoperasikan data tergabung dalam suatu objek yang sama

• Data tersembunyi dan terlindung dari fungsi dan prosedur yang ada diluar

• Objek dapat saling berkomunikasi dengan saling mengirim message satu sama lain

• Pendekatannya adalah Bottom up approach

 

Paradigma :

Faktor utama dari ditemukannya pendekatan berorientasi objek adalah karena ditemukannya kekurangankekurangan pada pendekatan terstruktur, misalnya masalah biaya yang tinggi , pemeliharaan yang sulit, jangka waktu dan lamanya penyelesaian suatu proyek sistem informasi dan lain-lain. Pendekatan berorientasi objek membuat data terbungkus pada setiap fungsi/prosedur dan melindunginya terhadap perubahan yang tidak dikehendaki dari fungsi atau prosedur yang ada diluar.

SELESAI

Kembali ke => Kumpulan mata kuliah Teknik Informatika

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s